Bersahabat Baik Dengan Waktu | Oleh: Mirfat, S.T., M.H (25/03/2024)
Bersahabat Baik Dengan Waktu
Oleh : Mirfat, S.T., M.H
(Kasubbag Kepegawaian dan Ortala PA Sengeti)
Time is money (waktu adalah uang)
(Waktu itu seperti pedang, jika engkau tidak menggunakannya dengan baik, ia akan memotongmu)
Setiap hari kerja, sudah menjadi kewajiban bagi kami abdi Negara, Aparatur sipil Negara Pengadilan Agama Sengeti mulai menjalankan aktifitas kerja mulai pukul 05.30 atau paling lambat pukul 06.00. diawali dengan mempersiapkan bekal, pakaian hingga peralatan ke kantor. Dalam rangka persiapan menuju aktifitas kerja butuh waktu 30 s.d. 45 menit, lebih kurang pukul 06.30 sudah mulai jalan menuju kantor. Suatu hal yang dimaklumi karena perjalanan dari rumah masing-masing melalui jalan lintas hingga kantor lebih kurang 60 s.d. 90 menit hal ini terjadi dikarenakan pengguna kendaraan di perjalanan cukup banyak hingga sering terjadi macet dibeberapa titik.
Setidaknya kurang pukul 08.00 sudah melaksanakan absen online dalam aplikasi SIKEP (Sistem Informasi Kepegawaian) Jika tidak, maka sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungang Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di Bawahnya, bagi pegawai yang absen terlambat akan dikenakan sanksi pemotongan tunjangan kinerja. Makna yang tersirat dalam pepatah diatas sangatlah tepat, “Waktu adalah uang” jika kita bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya seperti datang masuk kantor tepat waktu dan pulang juga tepat waktu maka penghasilan (uang) kita tidak dipotong.
Fenomena seperti ini memang merupakan bentuk bagaimana seorang abdi Negara harus punya manajemen waktu yang tepat. Mulai berangkat kerja hingga mulai bekerja beraktifitas seperti biasa. Banyak orang yang saat ini merasakan betapa cepatnya waktu berlalu, baik dilingkungan kerja kita sendiri maupun dimasyarakat umum. Waktu berjalan dengan cepat, dan tanpa disadari kita telah melewatkannya tanpa melakukan sesuatu yang berarti. Tidak terasa beberapa hari lagi kita akan memasuki pertengahan bulan Ramadlan dan merayakan Idul Fitri lagi. Tak terasa sudah memasuki tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi,
Sebagian orang merasa telah sibuk melakukan ini itu sepanjang waktu, dari pagi sampai malam, bahkan seakan tidak cukup waktu dalam sehari baginya, namun pada akhir hari, minggu, bulan atau akhir tahun, sepertinya dia tidak menghasilkan apa-apa. Mengapa bisa demikian?
Sebenarnyalah kita tidak tahu efektivitas penggunaan waktu atau apa saja yang telah kita lakukan dalam sehari, seminggu, atau setahun, karena kita tidak mengukurnya. Mengukur efektivitas penggunaan waktu, tidak lepas dari tujuan yang dimiliki dari penggunaan waktu tersebut. Pada tataran individu, banyak orang yang mempunyai rencana tahunan dalam hidupnya, atau biasa disebut dengan resolusi yang dibuat pada akhir tahun atau awal tahun.
Menurut Atkinson, manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan berbagai bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan dengan terencana agar seseorang mampu memanfaatkan waktu dengan baik. Forsyth, mengatakan bahwa manajemen waktu adalah sebuah cara untuk membuat waktu terkendali sehingga dapat menciptakan efektivitas dan produktivitas. Sedangkan Akram berpendapat bahwa menajemen waktu adalah kemampuan menggunakan waktu yang efektif dan efisien untuk memperoleh manfaat yang maksimal.
Berikut ini beberapa alasan pentingnya manajemen waktu yang dikutip dari website www.happinest.id dengan judul Tujuh Alasan Penting Meraih Waktu Dalam meraih sukses, sebagai berikut :
1. Melatih diri menjadi pribadi yang disiplin
Dengan manajemen waktu yang baik, dapat membantu kita mengelola dan memanfaatkan waktu, sehingga pekerjaan yang dilakukan lebih terarah karena sudah ada jadwal waktu yang menjadi patokannya. Apabila kita konsisten, dan komitmen dengan manajemen waktu yang dimiliki, maka perlahan-lahan sikap ini akan membentuk diri kita menjadi pribadi yang disiplin.
2. Membuat pekerjaan lebih terstruktur
Bagi pegawai yang mempunyai banyak tugas terkadang akan kewalahan, maka manajemen waktu harus digunakan. Cara sederhananya adalah dengan membuat daftar susunan pekerjaan dari yang paling urgent ke yang biasa. Mana pekerjaan yang harus diselesaikan sekarang, dan mana pekerjaan yang bisa dilakukan kemudian, atau bisa didelegasikan kepada orang lain. sehingga tidak ada pekerjaan yang terbengkalai.
3. Membantu untuk memiliki sikap tanggung jawab
Biasanya seseorang dicap sebagai pribadi yang tidak bertanggung jawab ketika diberi kepercayaan untuk mengemban suatu tugas, namun tidak selesai sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, kita perlu menerapkan manajemen waktu yang baik, agar dapat menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab kita kepada atasan atau perusahaan.
4. Semua pekerjaan selesai lebih cepat
Salah satu manfaat manajemen waktu yang baik, yaitu menjadikan pekerjaan selesai lebih cepat. Dengan demikian, maka kita bisa menikmati waktu istirahat dengan tenang, tidak terburu-buru dan tidak merasa terbebani dengan pekerjaan yang belum selesai. Untuk itu tentu kita tidak boleh menunda-nunda pekerjaan yang memang harus diselesaikan.
5. Kesempatan untuk mencapai tujuan hidup yang lebih besar
Setiap orang di dunia ini pasti mempunyai tujuan hidup. Sayangnya, tidak semua orang berhasil untuk mencapai tujuan hidup tersebut. Kebanyakan yang menjadi penyebab kegagalan adalah kelalaian dalam mengelola waktu dengan baik. Jangan sampai terjadi kondisi di mana waktu terus bergerak, sementara upaya untuk mencapai tujuan belum terlaksana. Itulah tujuan manajemen waktu yang sangat membantu kita dalam meraih tujuan hidup yang sudah lama diimpikan. Mumpung masih di awal tahun, mari kita atur kembali tujuan hidup kita, dengan menyusun rencana dan prioritas kegiatannya.
6. Menjadi pribadi yang profesional
Bagaimana manajemen waktu yang baik, dapat membuat kita menjadi pribadi yang profesional? Alasannya, selain karena beberapa yang telah disebutkan diatas, seperti melatih kedisiplinan dan tanggung jawab, juga mampu membantu untuk memetakan setiap kegiatan yang akan dilaksanakan. Kita akan mampu memetakan mana pekerjaan kantor, urusan keluarga, dan pribadi. Jadi sudah ada waktu yang jelas kapan pikiran dan tenaga fokus untuk kantor atau keluarga. Sehingga menjadi lebih mudah dalam bersikap, dan akan menjadi pribadi yang profesional.
7. Mampu mengurangi tingkat stres
Alasan lain, pentingnya manajemen waktu adalah berkaitan dengan kondisi psikologis. Ketidakmampuan mengelola kegiatan atau tugas dengan baik, akan membuat kita bingung, keteteran, pusing, dan stres sendiri. Oleh karena itu, marilah kita coba melakukan manajemen waktu dengan benar. Mungkin bisa dilakukan secara perlahan-lahan, namun demikian harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan disiplin agar bisa menjadi kebiasaan atau habit yang baik.
Dalam sehari-hari setidaknya mulai bangun pagi kita sudah menyusun rencana waktu yang kita jalankan. Jadikan waktu sebagai sahabat dekat kita yang selalu kita lihat dan kita rasakan perjalanannya. Dengan demikian tujuan untuk mengatur manajemen waktu bisa berjalan sesuai rencana dan kita tidak merasakan pedihnya kehilangan waktu sebagaimana ungkapan pepatah Arab di atas, “Waktu itu seperti pedang, jika engkau tidak menggunakannya dengan baik, ia akan memotongmu”.