PA. SENGETI

Written by Super User on . Hits: 20

Pimpinan Pengadilan Agama Sengeti Hadiri Launching Isbat Nikah Terpadu di Muara Tebo

dijen tebo

Muaro Jambi | pa-sengeti.go.id

Pimpinan empat pilar Pengadilan Agama Sengeti yakni Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Panitera pada tanggal 18 Oktober 2019 turut menghadiri acara launching Isbat Nikah Terpadu di Kabupaten Muara Tebo. Kegiatan ini juga mengahadirkan orang nomor satu di Lingkungan Peradilan Agama Dirjen Badilag Drs. H. Aco Nur, SH, MH untuk membuka sekaligus memberi pengarahan dalam acara yang dilaksanakan di aula utama pemerintahan Muara Tebo.

Dalam pengarahannya beliau mengatakan bahwa Isbat Nikah Terpadu adalah merupakan program unggulan Mahkamah Agung RI, dengan adanya Isbat Nikah Terpadu ini maka dapat memberikan pelayanan secara cepat identitas diri bagi masyarakat, Pengadilan Agama menyidangkan perkara Isbat Nikah langsung memberikan penetapan Isbat Nikah yang telah berkekuatan hukum tetap, dan kemudian dari penetapan tersebut Pemohon langsung dapat mengambil Buku Kutipan Akta Nikah pada KUA yang bertugas pada saat itu, saat  itu juga Pemohon telah dapat mengambil Akta Kelahiran Anaknya yang dilayani petugas Dinas Dukcapil, lebih lanjut Pak Dirjen sempat membeberkan perbedaan sidang isbat nikah terpadu dan nikah massal.

“Kalau isbat nikah, bisa berlaku mundur, tapi kalau nikah massal, tidak bisa berlaku mundur. Kalau nikah massal, kekuatan hukumnya berlaku sejak nikah dilangsungkan. Isbat nikah berlaku mundur atau surut, meski isbat nikah dilakukan saat ini, status pernikahan pasangan suami-istri diakui kesahannya sejak pernikahan dilakukan dahulu. Sebaliknya, meskipun sudah menikah puluhan tahun, kalau pasangan suami-istri melakukan nikah massal sekarang, maka status pernikahannya dihitung sah sejak sekarang” terang Dirjen Badilag.

dirjen tebo 2

“Konsekwensi hukum isbat nikah seluruh aset yang diperoleh selama pernikahannya dulu menjadi harta bersama, sedangkan nikah massal terhitung sejak nikah massal dilaksanakan, oleh karena itu pasangan suami-istri yang telah menikah di bawah tangan pada masa lampau perlu melakukan isbat nikah, bukan mengikuti nikah massal ” lanjutnya.

Lebih lanjut beliau menegaskan bahwa pelaksanaan isbat nikah terpadu adalah pelaksanaan dalam kondisi darurat, mudah-mudahan setelah ini habis dan tidak ada lagi pelaksanaan isbat nikah terpadu. Oleh sebab itu peserta isbat nikah saat ini adalah pioner kepada masyarakat untuk mensosialisaikan agar nantinya menikah  secara prosedural melalui KUA. (YAP/ jurdilaga pa sengeti)

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Sengeti Kelas I B

Jalan Lintas Timur Sumatera Komplek Perkantoran Bukit Cinto Kenang Pemkab Muaro Jambi - Sengeti 36001

Telp           : (0741) 590061

Fax            : (0741) 590061

Email         : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Homepage : http://www.pa-sengeti.go.id

lokasi Lokasi Kantor